ANALISA USAHA BISNIS FARFUM

Parfum merupakan salah satu produk pengharum tubuh yang banyak dipakai orang. Wewangian parfum bermerek sangat disukai. Sayang harga farfum cukup mahal sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang mampu membeli parfum bermerek tersebut. Oleh karena itu, sekarang orang-orang mulai melirik parfum isi ulang. Selain harganya jauh lebih murah, wanginya pun bisa dibilang hampir sama dengan parfum-parfum bermerek tadi. Kebutuhan akan Parfum terus meningkat terutama dikalangan anak-anak muda yang selalu ingin tampil harum dan disukai banyak teman-temannya, namun kemampuan keuangan mereka terbatas. Dengan demikian bisnis isi ulang parfum memiliki prosfek usaha yang terbuka. Karena dengan kualitas yang baik tapi mampu menawarkan harga yang relatif lebih murah. Kunci usaha parfum adalah lokasi dan karena ketatnya persaingan usaha parfum isi ulang maka harus menetapkan harga yang kompetitif. Harga kompetitif ini perlu ditambah dengan pelayanan yang memuaskan Memulai dan menjalankan bisnis parfum sangatlah mudah, tidak memerlukan keahlian khusus atau keahlian yang rumit untuk dipelajari justru sebaliknya sangat mudah dan bisa dipelajari dalam waktu singkat (Tidak perlu kursus tatap muka dan peralatannya juga mudah dan murah). Dengan investasi atau modal awal relatif kecil, modal relatif mulai dari 500.000 an, tergantung seberapa banyak jumlah parfum dan botol-botol yang ingin distok, siapa saja bisa menjalankan usaha ini baik secara full time atau part time dan bisa dijalankan dirumah. Untuk membeli bibit perfume, bahan pengencer, peralatan penunjangnya seperti botol, paper bag, gelas ukur, injector. Saat ini harga jual akhir bibit parfum kepada konsumen dipasaran mulai dari Rp. 1000,- , Rp. 1500,- atau Rp. 3500,- per ml, tergantung jenis parfum. Sedangkan Botol bisa dijual terpisah atau ditotalkan dengan parfumnya itu tergantung strategi dagang anda., Anda dapat menentukan profit margin 100% ~ 150% atau bahkan lebih tergantung daerah pemasaran, jadi ada baiknya anda survey pasaran harga parfum yg sudah ada sebelum menentukan harga parfum anda.

Berikut contoh modal usaha dengan asumsi harga bibit sama (Rp. 60.000) 10 jenis parfum dan usaha dirumah.

No Deskripsi Unit Jumlah Keterangan
1 Sewa tempat  1 Rp. 0 (Tergantung anda, bisa dirumah atau dikios)
2 Bibit perfume  10 jenis Rp. 600.000 (masing2 jenis 100ml – minimum order per item bibit) Total 1000 ml atau 1 liter
3 Botol spray 10ml  1 lusin Rp. 24.000  
4 Botol roll on 10 ml 1 lusin Rp. 24.000  
5 Botol sample (3 ml) 100 pcs Rp. 30.000 (Dijual per botol sample kepada sales Rp.3000)
6 Botol pen  1 lusin Rp. 24.000  
7 Solfior 1 liter Rp. 50.000  
8 Alkohol 1 liter Rp. 30.000  
9 Ongkos kirim    Rp. 150.000  
Total Investasi Awal    Rp. 956.000  
         
Berikut table pendapatan dengan asumsi penjualan 1 bulan. Semua stok botol terjual. 
         
No Item Penjualan Jumlah Harga jual Keterangan
1 Botol 10ml + isi parfume 12 Rp. 120.000 Harga jual per botol Rp. 15.000  isi 5 ml bibit parfum dan 5ml alcohol 
2 Botol roll on 10ml  12 Rp. 120.000 Harga per botol Rp. 10.000 isi 10ml bibit parfum
3 Botol sample 3ml 50 Rp. 150.000 3ml bibit parfum Rp. 3000 
4 Botol Pen 5ml 12 Rp. 96.000 Harga per botol Rp. 8.000 isi 2.5ml bibit parfum + 2.5ml alcohol 
Total Penjualan   Rp. 496.000  

 

 PADA SAAT ANDA MENERIMA BIBIT PARFUM, ANDA CAMPURKAN BIBIT PARFUM DENGAN SOLFIOR SEBANDING DENGAN BANYAKNYA BIBIT YANG DITERIMA MISALKAN 100 ML BIBIT PARFUM DICAMPUR DENGAN SOLFIOR 100 ML ATAU 100ML BIBIT PARFUM DENGAN 50ML SOLFIOR , SEHINGGA MENGHASILKAN PARFUM 200 ML / 150 ML TOTAL UNTUK 1 ITEM ITU. JADI KALAU ANDA MEMBELI 10 JENIS PARFUM UKURAN 100 ML (1 LITER) MASING – MASING MAKA TOTAL ANDA MEMILIKI PARFUM 2 LITER (2000 ML) , DARI SINI SAJA ANDA SUDAH DAPAT HITUNG NILAI NYA JIKA ANDA JUAL 1000 PER ML BERARTI SENILAI 2 JUTA UNTUK PARFUMNYA SAJA. BELUM ANDA HITUNG PROFIT DARI PENJUALAN BOTOLNYA. Berdasarkan pengalaman pelanggan-pelanggan kami kondisi real BEP bisa dicapai 1 hingga 2 bulan. Asalkan lokasi tempat jualan ramai atau system pemasaran jemput bola, melakukan promosi yang agresif saat pertama kali buka sehingga banyak calon pembeli yang mecoba atau datang ke toko anda, meggunakan brosur, iklan , spanduk, dll. Perhitungan diatas diasumsikan jika anda menjual dirumah atau meggunakan tenaga sales. Sedangkan jika anda membuka kios analisa usaha bisa sebagai berikut :

ANALISA USAHA

1. Asumsi – Modal yang digunakan adalah modal sendiri – Tempat berjualan sewa

2. Biaya-biaya Usaha  
Biaya Investasi atau modal awal terdiri dari
– Rak Pajangan Parfum Rp.    750.000,-
– Botol-botol Parfum Rp.    500.000,-
– Lain-lain Rp.    500.000,-
Jumlah biaya Investasi  Rp  1.750.000,-
 
Modal kerja per bulan  
– pembelian parfum 6000 ml @ Rp750,-/ml     Rp  4.500.000,-
– sewa tempat                                                                  Rp.    500.000,-
– Transportasi         Rp.    100.000,-
Jumlah                                         Rp  5.100.000,-  
   
Perkiraan Pendapatan  
– penjualan perhari sebanyak 250 ml x Rp  1.000,- per ml x 30 hari. Rp  7.500.000,- 
.-Pengeluaran selama satu bulan   Penjualan Parfum 250 ml x 30 hari x Rp 1.000,-          Rp  5.100.000,-
Laba / Rugi Rp  2.400.000,-   

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: