JENIS CAIRAN PEMBERSIH MOBIL

SEIRING dengan perkembangan teknologi otomotif yang semakin canggih, kini merawat komponen yang berkaitan dengan mesin, rem, dan bagian luar mobil semakin mudah dengan kehadiran beragam cairan pembersih. Fungsi cairan pembersih itu beragam mulai dari hanya menghilangkan kotoran hingga melenyapkan kandungan air yang berada di tangki bahan bakar.

Ragam dan jenis cairan pembersih yang ada di pasar dalam negeri bisa dikategorikan menjadi sembilan macam. Pertama adalah contact spray yang berfungsi sebagai cairan untuk membersihkan peranti listrik kendaraan bermotor yang terkena air atau kelembapan tinggi. Cairan yang biasanya memiliki kemasan antara 50 ml hingga 300 ml itu disemprotkan ke peranti yang bermasalah, seperti kepala busi. Setelah disemprotkan beberapa kali, kemudian bersihkan kepala busi itu agar bisa berfungsi normal lagi.

Jenis cairan pembersih untuk bagian mesin adalah engine flush yang dikenal juga dengan nama internal engine cleaner. Cara pemakaian cairan ini adalah dengan mencampumya ke dalam oli baru.di dalam mesin. Ini dilakukan setelah menguras oli lama yang sudah terkontaminasi air. Fungsi engine flush adalah menyempurnakan proses pembersihan bagian dalam mesin dari air, deposit kerak, hingga lumpur. Biasanya cairan ini dikemas dalam kaleng berisi 300 ml hingga 887 ml.

Khusus untuk membersihkan bagian luar mesin yang kotor akibat terkena sisa oli yang menempel, digunakan cairan pembersih engine degreaser. Cairan yang dikemas dalam tabung spray berukuran 400 ml hingga 500 ml itu penggunaannya cukup mudah. Caranya dengan menyemprotkan cairan pembersih ke bagian mesin yang kotor. Kemudian tunggu beberapa waktu dan selanjutnya bilas dengan air sampai kotoran yang menempel hilang dari bagian luar mesin. Untuk membersihkan radiator, pemilik kendaraan bisa menggunakan cairan pembersih yang bernama

Tidak hanya untuk radiator, cairan untuk membersihkan tangki bahan bakar yang terkontaminasi air juga tersedia di pasar. Nama cairan pembersih itu adalah water remover atau gas treatment yang penggunaannya dengan cara dilarutkan ke dalam 50 – 60 liter bahan bakar. Campuran air yang cukup banyak di dalam tangki bahan bakar bisa langsung terurai dan ikut terbakar bersama bensin. Hasilnya air yang ada di dalam tangki bahan bakar menjadi hilang.

Membersihkan bagian rem cakram yang terkena kotoran kini juga menjadi lebih mudah. Caranya dengan menggunakan brake cleaner sehingga bunyi cit-cit seperti tikus bisa menjadi hilang. Begitu pula untuk melancarkan perputaran komponen puli-puli yang terendam air yaitu dengan menggunakan gemuk cair. Caranya setelah membersihkan puli-puli memakai cairan penetran, semprotkan gemuk cair ke bagian yang seret.

Bagian rel kaca jendela atau engsel-engsel pintu, power windows, dan kunci-kunci yang seret akibat penggunaan dapat dibuat berfungsi normal lagi dengan disemprot silicon spray, Cairan ini bisa juga dipergunakan untuk melapisi permukaan karet menjadi lebih licin dan kuat sehingga tidak mudah menjadi keras atau getas.

Terakhir, seiring dengan semakin populernya teknologi electronic control unit (ECU) di dunia otomotif dikembangkan pula cairan pembersih bernama electro contact. Fungsinya adalah membersihkan sirkuit elektrik ECU yang terkena kotoran dengan cepat. Metode penggunaanya adalah bersihkan papan sirkuit ECU dengan lap, kemudian semprotkan electro contact dan biarkan hingga kering,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: