PANEL SURYA SEDERHANA

Bubuk gula mengandung nano partikel dari Titanium Dioksida, merupakan substansi yang juga digunakan dalam cat. Bila bubuk gula ini dilapisi dengan bahan pewarna organik seperti passionfruit tea maka itu berfungsi sebagai lapisan penyerap cahaya dari perangkat photovoltaic.

Pada solar cell dgn sistem pencelupan, material berwarna organik seperti teh dapat menyerap beberapa cahaya yg terlihat dan mengubah energi ke material pembawa elektron seperti TiO2 putih, yg tidak dapat menyerap sendiri.

Sekali elektron telah dibangkitkan, mereka perlu pergi ke suatu tempat. Identik dgn sandwich, maka TiO2 berada di antara elektroda yang bersih dan elektroda berbahan grafit yg dibuat dengan cara menggosok pensil di atas kaca. Sebagai sentuhan terakhir tambahkan beberapa larutan elektrolit yg didapat dari larutan iodine yang biasa dipakai untuk pemurnian air.

Sensitif solar cell dari system pencelupan ini lebih murah dan lebih dapat tahan lama dibandingkan photovoltaic tradisional, akan tetapi efisiensinya lebih rendah.

Cara membuat solar cell sederhana adalah sbb :

* Metoda I

Cara 1 adalah dengan memanfaatkan donat bertabur serbuk gula putih dan passionfruit tea :

Rontokkan bubuk gula yg nempel pada donat dan kumpulkan
Campur bubuk tsb dgn air panas sambil terus diaduk
Saring larutan tsb dgn penyaring halus yg bisa ditemukan, kertas saringan kopi bisa juga digunakan.
TiO2 adalah bahan yg tidak larut dalam air.
Yang kita perlukan adalah TiO2 dan polymer rantai panjang
Masukkan residu/endapan padat yang tertinggal pada kertas saring ke dalam oven yang terpanas ( 500 derajad Celcius )
Keluarkan bubuk TiO2 dan tambahkan alcohol
Tuangkan lapisan putih dari larutan TiO2 pada kaca berpenghantar. Kaca ini sebelumnya telah dilapisi lapisan transparan berbahan penghantar ( SnO2 ), sama baiknya dgn film TiO2.
Biarkan mengering dan lakukan sampai 10 lapis.
Yang kita perlukan selanjutnya adalah jus buah alami seperti : raspberry, blackberry, biji pomegranate/buah delima merah, blackcurrant, daun Kanada, Teh Hibiscus merah atau Passion Tea yg dibuat dari tanaman hibiscus yg mengandung anthrocyanin. Rantai carbon dan hydrogen membuatnya organik. Atau yang paling baik adalah menggunakan Starbucks Passion Tea.
Nano partikel TiO2 ini perlu dibuat sensitif dengan memanfaatkan Starbucks Passion Tea.
Atau bila tidak, lumatkan salah satu bahan organik tsb di atas dan campur dgn sesendok air.
Rendam film tsb selama 5 menit dalam larutan ini untuk memperoleh bekas noda film yg berwarna merah-ungu tua. Bila kedua sisi filmnya tidak membekas secara merata, maka rendam kembali ke dalam larutan jus tsb selama lebih dari 5 menit.
Bila menggunakan Starbucks Passion Tea rendam selama beberapa jam sehingga film TiO2 berubah warna dari putih menjadi ungu
Bagian yang gelap berarti menyerap cahaya.
Cuci film dengan etanol dan secara perlahan keringkan dgn menggunakan tissue.
Pemasangan photoelectrochemical solar cell
Goreskan pensil pada lapisan film yang bersih sampai berwarna abu-abu.
Sediakan tablet iodine yang untuk pemurnian air dan alcohol
Potong lapisan film biasa yang berbentuk frame ( bisa dari isolasi Scotch yg bening ) yang bagian tegahnya berlubang dan lubangnya pas seukuran permukaan film TiO2 yang telah berwarna ungu. Teteskan cairan yang berasal dari larutan iodine yang biasanya dipakai untuk pemurnian air pada permukaan TiO2.
Kemudian tutup dengan lapisan film biasa di atasnya ( menyerupai sandwich ) dan klem ujung-ujungnya dgn penjepit kertas.
Ukur kedua ujungnya dengan mikro ampere maka akan terlihat adanya arus listrik yg kecil yang berubah mengikuti ada tidaknya sumber cahaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: